Blog, Jilbab Instant

Jilbab Syar’i

Jilbab syar’i 

Perbedaan Antara Jilbab , Khimar, dan Hijab

 

Apa sih Perbedaan Jilbab Khimar dan Hijab?
Negara yang didominasi penduduknya beragama islam salah satunya adalah indonesia.Karena itu banyak dijumpai wanita yang berpakaian muslim tepatnya berjilbab syar’i, bahkan setiap hari jumlahnya semakin bertambah. Dilihat dari itu semua ada yang hanya mengikuti trends atau memang mematuhi syariat islam. Namun, yang jelas berhijab adlah salah satu perintah allah yang wajib dikerjakan sebagai penutup aurat.

Dalam islam kita mengenal beberapa istilah jilbab, khimar, dan hijab. Kebanyakan muslimah salah mengartikan menyebut kain yang menutupi kepala adalah sebagai jilbab, lalu apakah benar namanya memang jilbab dalam syariat islam?? Jadi,disini penjelasannya arti dari istilah fashion ini yang benar sesuai syariah islam:

Jilbab seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak yang beranggapan jilbab itu adalah penutup kepala atau sering juga disebut kerudung.Namun, sebenarnya jilbab adalah kain mengulur yang menutupi seluruh tubuh dari atas hingga mata kaki syaratnya tidak ketat artinya tidak membentuk lekukan tubuh, dan tidak pula berbayang atau transparan yang kebanyakan orang menyebutnya dengan gamis atau jubah.

Dalam firman Allah dalam surat Al Ahzab 59:
“Ya Nabi katakanlah kepada isteri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min dan Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal , sebab itu mereka tidak akan diganggu dalam artian mereka tidak akan diganggu oleh orang yang bukan mukrimnya ataupun dengan berandalan .Dan allah itu maha pengasih lagi maha penyayang.

So.. sekarang jelaskan, kalau jilbab itu bukan kerudung atau penutup kepala. Lalu apa nama sebenarnya penutup kepala dalam islam?
Khimar adalah penutup aurat bagian atas hingga menutup dada syaratnya jelas tidak tipis dan tak nerawang.

Hasil gambar untuk berpakaian yang benar

Yang selanjutnya penutup kepala dalam islam disebut Khimar. Sesuai dalam firmannya allah yang disebutkan di “Seharusnya mereka menahan pandangan dan kemaluannya, dan jangan menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya ( pada dirinya). Dan hendaklah mereka menutupkan khimarnya ke dadanya ( menutupi dada), Surat an Nur ”

Dan yang paling trendy yaitu hijab. Kebanyakan orang mengartikan hijab itu sama dengan jilbab atau kerudung ataupun khimar padahal sejatinya hijab secara bahasa berarti penghalang. Dan sesungguhnya hijab syar’i yang benar dan sesuai dengan aturan allah maupun rosul yaitu gabungan dari jilbab dan khimar.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *